SMK

smk pgri 3 malang
SMK

SMK PGRI 3 Malang

SMK PGRI 3 Malang adalah sekolah kejuruan PGRI terbesar di Jawa Timur, SNI, dan berstandar Internasional dengan motto “SUCCESS BY DISCIPLINE” segala unsur pendidikan yang ada berusaha menjadikan kelas-kelas yang ada di SMK PGRI 3 Malang sebagai kelas perusahaan dengan harapan lulusan bisa terserap sebanyak-banyaknya di industri. Sekolah ini beralamat di Jl. Raya Tlogomas IX/09 Malang. Dan Dalam rangka memantapkan eksistensi dan kepercayaan masyarakat Malang Raya khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya, sejak tahun 2006 SMK PGRI 3 Malang telah menorehkan Tinta Emas kembali dengan dinyatakan sebagai sekolah “BESAR & NASIONAL ” untuk bisa berkiprah di tingkat Nasional dengan predikat Sekolah Nasional, yang selanjutnya alamat smk pgri 3 malang.

SMK PGRI 3 Malang adalah sekolah kejuruan PGRI terbesar di Jawa Timur, SNI, dan berstandar Internasional dengan motto “SUCCESS BY DISCIPLINE” segala unsur pendidikan yang ada berusaha menjadikan

Alamat: Jl. Raya Tlogomas Gg. 9 No.29, Tlogomas, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur 65144

Hours: 

Telepon: (0341) 554383

Provinsi: Jawa Timur
Akreditasi: A
Didirikan: 9 Februari 1987
Kepala Sekolah: M. Lukman Hakim, ST
Kurikulum: KTSP dan 2013

Sejarah

SMK PGRI 3 Malang dirintis sejak tahun 1986 atas prakarsa dosen muda POLITEKNIK Universitas Brawijaya Malang yang berjumlah 16 orang (terlampir). Berdasarkan hasil pertimbangan dan kesepakatan, sekitar bulan September 1986 para perintis SMK PGRI 3 Malang bersatu untuk mendirikan STM (Sekolah Teknologi Menengah) swasta yang bernaung di bawah yayasan PGRI Kecamatan DAU kabupaten Malang, sehingga sekolah ini diberi nama STM PGRI DAU Malang.

Mendirikan sekolah ternyata memerlukan banyak biaya untuk keperluannya. Dalam hal ini, kegiatan belajar-mengajar ocs student smk pgri 3 malang baik pelajaran teori maupun praktik masih terjadi masalah mengenai tempat dan biayanya. Akhirnya para perintis berupaya dan bersepakat untuk meminjam SD Negeri Tlogomas 2 Malang yang berlokasi di wilayah kecamatan DAU kabupaten Malang sebagai aktivitas belajar-mengajar. Sedangkan mengenai pembiayaannya, mereka (pendiri)-Iah yang harus mengeluarkan sebagian uangnya untuk menyediakan fasilitas praktik bagi siswa atau untuk kebutuhan sekolah yang diperlukan lainnya.

Pada tanggal 9 Februari 1987, turun surat keputusan (SK) Pendirian STM PGRI DAU Malang dengan nomor SK.364/32.B-1987 dari Direktorat Pendidikan Dasar Menengah. STM PGRI DAU Malang pada saat itu berstatus tercatat.

Berdasarkan SK di atas, akhirnyn pada tanggal 16 Juli 1987, STM PGRI DAU Malang mulai melaksanakan aktivitasnya dalam rangka penerimaan siswa baru yang pertama. Pada saat itu, siswa yang masuk menjadi siswa STM PGRI DAU Malang sebanyak 36 siswa yang terbagi menjadi 2 jurusan yaitu jurusan mesin dan elektronika. Walaupun jumlah siswa relatif sedikit, namun para perintis STM PGRI DAU Malang tidak putus asa untuk terus mengembangkannya.

Waktu kian berjalan, mengikuti perkembangan STM PGRI DAU Malang. Siswa STM PGRI DAU Malang lambat laun bertambah sedikit demi Akhirnya sekitar tahun 1991 nama STM PGRI DAU Malang harus mengikuti aturan pemerintah tentang perluasan wilayah Kodya Malang. Dengan perluasan wilayah itulah, akhirnya lokasi SD Negeri Tlogomas 2 Malang kecamatan Dau yang ditempati STM PGRI DAU Malang masuk wilayah Kecamatan Lowokwaru Kodya Malang. Dengan demikian, nama STM PGRI DAU Malang berubah menjadi STM PGRI 2 Malang.

Sekitar tahun 1992, STM PGRI 2 Malang dilaksanakan akreditas sekolah yang membawa pengaruh terhadap turunnya SK nomor 488/C/Kep/I/1992/31 Desember, dari Direktorat Pendidikan Dasar Menengah tentang perubahan status, yang awalnya berstatus tercatat berubah menjadi status diakui.

Jumlah siswa STM PGRI 2 Malang semakin lama semakin bertambah diikuti oleh bertambahnya jumlah pengajar, fasilitas sekolah atau kualitas pendidikannya.Kepercayaan masyarakat semakin meningkat dalam rangka membantu terciptanya tujuan Pendidikan Nasional.

Dengan semakin bertambahnya jumlah siswa, maka STM PGRI 2 Malang berusaha untuk meminjam SD Negeri Tlogomas 3 Malang, SD Negeri Tlogomas I Malang dan SD Negeri Dinoyo I Malang untuk di jadikan tempat belajar-mengajar bagi siswanya.

Pada tahun 1997, Pemerintah mengeluarkan aturan untuk mengubah nama Sekolah Teknologi Menengah (STM) website smk pgri 3 malang menjadi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Karena STM PGRI 2 Malang merupakan salah satu sekolah dasar menengah yang bisa dikategorikan sekolah kejuruan. Maka dengan demikian STM PGRI 2 Malang berubah nama menjadi SMK PGRI 4 Malang. Perubahan nomor 2 ke nomor 4 tersebut karena SMK (STM atau SMEA) ynng bernaung di bawah yayasan PGRI di kodya Malang itulah yang menyebabkan STM PGRI 2 Malang menduduki urutan ke-4.

Sekitar tahun 1998, ada perpindahan salah satu SMK PGRI yang ada di wilayah Kodya Malang ke wilayah Kabupaten Malang. Hal tersebut menyebabkan nama SMK PGRI 4 Malang harus berubah nama lagi menjadi SMK PGRI 3 Malang sampai sekarang.

Dengan pengelolaan dan kerjasama yang baik dari para perintis sekolah, dewan guru serta karyawan/karyawati SMK PGRI 3 Malang, akhirnya sekolah ini mengalami perkembangan yang cukup pesat. Perkembnngan itu dapat dilihat dari peningkatan kuantitas siswa ataupun kualitas pendidikan siswa.

Pada tahun 1997, SMK PGRI 3 Malang menempati gedung baru di Jalan Tlogomas XI/29 Malang yang merupakan hasil swadaya maupun swadana pendiri sekolah, dewan guru serta karyawan/karyawati SMK PGRI 3 Malang. Dengan ditempatinya gedung baru itulah, akhirnya SD Negeri Tlogomas I Malang dan SD Negeri Dinoyo I Malang dikembalikan ke pihak SD tersebut. Dan sekarang tinggal SD Negeri Tlogomas 2 Malang dan SD Negeri Tlogomas 3 Malang yang berada di Jalan Tlogomas nomor 1 dan gedung baru di Jalan Tlogomas IX/29 Malang yang digunakan untuk aktivitas belajar-mengajar SMK PGRI 3 Malang.

Pembangunan gedung SMK PGRI 3 Malang, kian hari kian mengembangkan sayapnya mengikuti perkembangan jumlah perkembangan siswa yang semakin banyak dan kebutuhan belajar mengajar yang semakin meningkat. Dengan demikian, untuk memenuhi kebutuhan itulah, maka jumlah ruangan belajarpun mengalami penambahan pula. Akhirnya sejak tahun pelajaran 2001-2002, SMK PGRI 3 Malang sudah bisa sepenuhnya menempati gedung sendiri di jalan Tlogomas IX/29 Malang.

SMK PGRI 3 Malang adalah sebuah lembaga pendidikan yang menyelenggarakan dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi serta ketrampilan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dalam rangka mencerdaskan dan memberdayakan kehidupan manusia Indonesia.

Program keahlian yang ada mulai tahun ajaran 1999/2000 adalah Teknik Mesin Perkakas, Teknik Las, Mekanik Otomotif, Bodi Otomotif, Teknik Informatika dan Elektronika Industri. Sejak berdiri sampai tahun 1999 SMK PGRI 3 Malang memiliki jurusan Teknik Mekanik Umum dan Teknik Elektronika Komunikasi.

Sumber Daya Manusia dan sumber daya finansial SMK PGRI 3 Malang banyak terdukung oleh sumber dari siswa maupun swadaya dari para pengajar dan pengelola dalam pengadaan fasilitas maupun pelaksanaan pendidikan secara umum.

Pengajar yang merupakan salah satu unsur penentu kualitas anak didik di SMK PGRI 3 Malang bersumber dari lulusan S1 dan S2, dan dalam rangka kesesuaian ouput dengan dunia kerja setiap semester SMK PGRI 3 Malang selalu melaksanakan program kerja industri yang dilaksanakan oleh siswa dengan monitoring secara kontinu oleh para pembimbing PRAKERIN.

Dari hasil monitoring dan laporan siswa sering dijadikan oleh pengajar dan manajemen untuk selalu mengadaptasi perubahan yang terjadi memperkirakan perkembangan yang akan terjadi di dunia kerja khususnya & kebutuhan masyarakat pada umumnya.

Bidang Keahlian

SMK PGRI 03 adalah salah satu lembaga pendidikan teknologi di kota Malang yang mengemban fungsi khusus untuk menyelenggarakan pendidikan secara profesional dalam sejumlah bidang teknologi terapan dengan mengutamakan life skills yang sesuai dengan kebutuhan tenaga kerja pada Dunia Usaha atau Dunia Industri saat ini. Sebagai salah satu sekolah di Kota Malang yang memiliki prospek kedepan, SMK PGRI 3 memilih beberapa program keahlian yang up to date, di antaranya:

Bidang Keahlian Elektronika (Departemen Elektronika)

Teknologi Elektronika Industri adalah program yang khusus memberikan keahlian smk pgri 3 tlogomas malang untuk maintenance and repair, pembuatan dan perakitan alat-alat elektronika industri rumah tangga selain itu siswa/i juga mendapatkan keahlian untuk teknologi instrumentasi dan pengendalian (kontrol) seperti Programable Logic Controller dan elektronika pneumatik.

  • PLN Distribusi (PLN Class)
  • Kimia Pembangkit (PJB Class)
  • Instrumen Pembangkit (PJB Class)
  • Mekanik Pembangkit (PJB Class)
  • Listrik Pembangkit (PJB Class)
  • Elektronika Industri dan Sistem Kontrol
  • Audio-Video (LG Class)
  • Hotel Engineering (Swiss Class)

Bidang Keahlian TIK (Departemen TIK)

Teknologi Informatika Komersial khusus memberikan keahlian untuk maintenance and repair software (Rekayasa Perangkat Lunak) dan hardware (Teknik Komputer Jaringan) komputer, keahlian sistem operasional komputer jaringan (LAN, MAN, WAN) dan multimedia, desain grafis, periklanan. Program Keahlian:

  • Multimedia
  • Animasi
  • Rekayasa Perangkat Lunak
  • Teknik Komputer dan Jaringan (Mikrotik Class)
  • Animasi (Kelas RolePlay)
  • videografi
  • Broadcast

Bidang Keahlian Teknik Mesin (Departemen Pemesinan)

Program yang mempelajari agar bisa mengoperasikan mesin Frais, Bubut, Bor, Gerinda dan Asah Pahat sehingga mampu membuat komponen atau peralatan dengan mesin pekakas seperti pembuatan ulir luar dalam, poros tirus, roda gigim sliding dan lain sebagainya. Program Keahlian:

  • Manajemen Niaga (Alfamart Class)
  • Teknik Pengelasan (Transformer Class)
  • Teknik Pemesinan (Partnership Class)

Bidang Keahlian Teknik Otomotif (Departemen Otomotif)

Bidang otomotif di sini meliputi bidang engine, sistem pemindahan tenaga, sistem penerangan, body otomotif dan kelistrikan bodi. Bidang otomotif di bagi menjadi program keahlian mekanik otomotif dan program keahlian bodi otomotif. Program Keahlian:

  • Teknik Kendaraan Ringan (Toyota Class)
  • Teknik Sepeda Motor (Suzuki Class)
  • Teknik Bodi Otomotif (Morodadi Class)

Baca Juga : https://www.mubainfo.com/kisah-para-siswa-smk-wikrama-bogor/

smk wikrama bogor
SMK

Kisah Para Siswa SMK Wikrama Bogor Buktikan Sekolah Vokasi Bisa Unggul

Tentang kami

SMK Wikrama Bogor didirikan oleh Ir. Itasia Dina Sulvianti dan Dr.H.RP Agus Lelana dibawah smk wikrama bogor naungan Yayasan Prawitama pada tahun 1996 di bekas gudang KUD. Kompetensi keahlian yang pertama dibuka pada saat itu adalah sekretaris dengan jumlah hanya 34 siswa.

Seiring berjalannya waktu, jumlah siswa SMK Wikrama Bogor setiap tahunnya terus bertambah. Sehingga pada tahun 2001, secara bertahap SMK Wikrama Bogor menempati gedung yang lebih luas diatas tanah ± 5000m2, berlokasi di Jalan Raya Wangun Kelurahan Sindangsari Kota Bogor. Hingga saat ini, SMK Wikrama Bogor memiliki 1596 siswa dengan 51 guru pendidik.

Kompetensi keahlian di SMK Wikrama Bogor pun terus berkembang. SMK Wikrama Bogor membuka 7 kompetensi keahlian, diantaranya (1) Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran; (2) Teknik Komputer dan Jaringan; (3) Rekayasa Perangkat Lunak; (4) Multimedia; (5) Bisnis Daring dan Pemasaran; (6) Tata Boga; dan (7) Perhotelan.

Kesuksesan SMK Wikrama Bogor saat ini tentunya tidak lepas dari sejarah SMK Wikrama Bogor mulai dari membentuk visi dan misi, kerja keras hingga diakui dunia internasional hingga prestasi dan pengharagaan yang didapatkan SMK Wikrama Bogor sejak awal didirikan. Berikut sejarah yang dilalui SMK Wikrama Bogor berdasarkan urutan tahun.

Jalan menuju sekolah ini tak mudah. Dari jalan utama, butuh masuk ke sebuah pendaftaran smk wikrama bogor jalan gang kecil sejauh 200 meter. Ada tanjakan dan turunan karena jalannya pun tak rata, hingga sampai di jalan buntu dan bertemu satu lokasi bertuliskan SMK Wikrama Kota Bogor.
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Wikrama luas tanahnya tak sampai satu hektare, tapi menampung hingga hampir dua ribu siswa. Lokasinya terletak di Sindangsari, Bogor Timur, Kota Bogor, Jawa Barat.
Wikrama adalah sekolah swasta. Didirikan oleh Itasia Dina Sulvianti, seorang dosen Institut Pertanian Bogor (IPB). Dia mendirikan sekolah ini sejak 1996, yang dimulai dari sebuah bangunan gudang.
“Saya lihat dulu yang banyak anak siswa yang bolos, mereka ternyata dari SMK, dan SMK swasta. Kenapa mereka begitu, saya lihat ternyata memang mereka lemah lembut dari segala sisi,” kata Itasia di SMK Wikrama, Kamis (26/1).
Ia menggambarkan kemiskinan dengan frasa ‘lemah lembut’. SMK memang dikenal sebagai profil smk wikrama bogor pilihan terakhir bagi calon siswa, atau pilihan bagi masyarakat miskin yang ingin segera bekerja setelah lulus.
Itasia kemudian mendirikan SMK Wikrama. Ia menggunakan pendekatan ‘pentahelix’ atau kolaborasi dengan berbagai pihak untuk keberlangsungan sekolah.
Kini, ada tujuh program keahlian atau jurusan di SMK Wikrama: Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim; Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi; Desain Komunikasi Visual; Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis; Perhotelan; dan Kuliner.
Juara lomba internasional di Jepang
Telah banyak prestasi yang dihasilkan oleh sekolah ini hingga dijadikan sebagai sekolah unggulan. SMK Wikrama dijadikan sebagai SMK Pusat Keunggulan (PK) oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.
Sebagai SMK PK, Wikrama ikut membagikan berbagai praktik baik ke sekolah-sekolah lain. Sekolah smk wikrama kota bogor ini juga pernah mewakili Indonesia di UNESCO, hingga menjuarai lomba internasional di Jepang.
Salah satu keunggulan para siswa adalah membuat desain tiga dimensi, membuat film, bahkan hingga animasi. Bidang perhotelan juga tak kalah, mereka memiliki hotel dengan enam kamar yang cukup bersaing dengan hotel lain sekelasnya.
Jurusan kuliner SMK Wikrama juga memiliki kualitas tinggi. Produk makanan yang mereka keluarkan aktif diuji oleh BPOM. Bila sekolah lain hanya memiliki satu atau dua kantin, di SMK Wikrama memiliki lebih dari lima kantin dan kafe yang sepenuhnya dijalankan oleh siswa.
Sekolah ini juga telah terhubung dengan dunia industri. Para siswa SMK Wikrama bahkan tak jarang diminta untuk bekerja oleh satu perusahaan saat mereka lulus.
SMK Wikrama adalah satu dari tiga sekolah percontohan yang dihadirkan dalam acara Unite for Education (UFE) Sustainability Forum 2023. UFE adalah acara CSR tahunan terbesar Permata Bank. Acara ini mengangkat tema soal pendidikan vokasi sejarah smk wikrama bogor dan menunjukkan bahwa sekolah vokasi seperti SMK memiliki kualitas yang unggul.

smk telkom jakarta
SMK

SMK Telkom Jakarta

Sekolah Menengah Kejuruan Telkom Jakarta adalah salah satu sekolah e learning smk telkom jakarta  yang berada dalam naungan Yayasan Pendidikan Telkom. Sekolah ini didirikan pada tahun 1992 dengan nama Sekolah Teknik Menengah Telkom Sandhy Putra Jakarta, lalu menjadi SMK Telkom Jakarta yang diprakarsai oleh Menteri Pariwisata, Pos, dan Telekomunikasi saat itu, Soesilo Soedarman.

Sejarah

Sekolah ini didirikan tahun 1992 untuk menjadi Sekolah Menengah Kejuruan pertama di Indonesia yang menyelenggarakan Pendidikan Kejuruan dalam bidang Teknik Telekomunikasi yang mengkhususkan diri di program keahlian teknik suitsing.

Seiring perkembangan kebutuhan dunia telekomunikasi, dikembangkan beberapa program keahlian lainnya sehingga saat ini terdapat empat program keahlian, Teknik Transmisi, Teknik Jaringan Akses, Teknik komputer dan jaringan, Rekayasa perangkat lunak.

Pada tahun 2000, lokasi sekolah dipindahkan dari Divisi Pelatihan PT Telekomunikasi Indonesia di Tomang ke gedung baru di Jalan Daan Mogot KM 11 Jakarta Barat sebagai Sekolah Berstandar Internasional (SBI).

Struktur Pengelola

Operasional SMK Telkom Sandhy Putra Jakarta dipegang oleh Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) yang dibina Departemen Pendidikan biaya smk telkom jakarta terbaru dan Kebudayaan (Depdikbud) beserta PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) adalah salah satu yayasan yang dibina oleh Direksi PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk yang didirikan pada tanggal 17 Januari 1980. Dewan Pengurus Pusat (DPP) YPT berkedudukan Bandung.

Sebagai Pemilik SMK Telkom Sandhy Putra Jakarta adalah Yayasan Pendidikan Telkom (YPT). Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) adalah salah satu yayasan yang dibina oleh Direksi PT Telekomunikasi Indonesia,Tbk yang didirikan pada tanggal 17 Januari 1980. Dewan Pengurus Pusat (DPP) YPT berkedudukan di Jl. Trunojoyo No. 2 Bandung.

Tujuan utama pendirian YPT adalah untuk membantu Pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa melalui penyelenggaraan pendidikan bagi masyarakat umum. Sampai dengan awal tahun 2007 ini, YPT menyelenggarakan 46 (empat puluh enam) Unit Pendidikan yang berinisial “Telkom School dan Telkom University” yang tersebar diseluruh Indonesia, yaitu:

1. 31 Sekolah Taman Kanak Kanak (TK)

2. 1 Sekolah Dasar (SD)

3. 1 Sekolah Menengah Pertama (SMP)

4. 1 Sekolah Menengah Atas (SMA)

5. 3 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pariwisata

6. 8 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Telkom (Jakarta, Purwokerto, Malang, Medan, Makassar, Banjarbaru, Bandung, dan Cirebon).

7. 1 Akademi Pariwisata (AKPAR)

8. Institut Teknologi Telkom (IT-Telkom) Institut Teknologi Telkom Jakarta, Institut Teknologi Telkom Purwokerto, dan Institut Teknologi Telkom Surabaya

9. Universitas Telkom / Telkom University di Bandung

Jurusan

  • Transmisi
  • Jaringan Akses
  • Teknik komputer dan jaringan
  • Rekayasa Perangkat Lunak
  • Multimedia

Fasilitas

Sejak didirikan pada tahun 1992, sekolah ini masih menumpang smk telkom jakarta biaya pada fasilitas Divisi Pelatihan PT. Telkom di Tomang. Pada tahun 2000, seiring dengan selesainya pembangunan gedung baru di Daan Mogot KM 11, lokasi sekolah dipindahkan. Adapun sarana yang tersedia di lokasi baru yaitu:

  • 24 ruang kelas dengan AC, Proyektor dan Centralized Announcement System.
  • Laboratorium Praktik:
    • Lab Transmisi
    • Lab Jaringan Akses
    • Lab Teknologi Informatika (Lab Peranti Lunak, Lab Jaringan Komputer, Lab Multimedia)
    • Lab Bahasa Inggris
    • Lab Elektronika
    • Lab Multimedia
  • Perpustakaan Sarana Olah Raga, tersedia dalam GOR Soesilo Soedarman yang biasa digunakan untuk olahraga:
    • Bola basket
    • Bola voli
    • Bulu tangkis
    • Futsal
  • Mushola
  • Kantin
  • Bussiness center (warnet)
  • Area Parkir

Ekstrakurikuler

  • Paskibra
  • Pramuka
  • Tari Saman
  • Fotografi/Sinematografi
  • Modern Dance
  • Palang Merah Remaja
  • English Club
  • Electro Club
  • Patroli Keamanan Sekolah
  • ROHIS (Rohani Islam)
    • Marawis
    • Hadroh
    • Sholawat
    • Tahfidz
  • ROKRIS (Rohani Kristen)
  • Desain Grafis
  • Pemrograman
  • Networking
  • Animasi
  • Band
  • Paduan Suara
  • Olahraga:
    • Basket
    • Bulutangkis
    • Volly
    • Futsal
    • Silat
    • FloorBall

Prestasi Sekolah

Bidang Teknologi dan Sains:

  • Juara II lomba LKS Telecom Distribution Tech. Th 2012 tingkat Nasional
  • Juara II lomba OLIMPIADE SAINS TERAPAN ICT se DKI Jakarta
  • Juara I dan III lomba MATEMATIKA se DKI Jakarta
  • Juara III lomba SARITILAWAH se DKI Jakarta
  • Juara III lomba NETWORKING SUPPORT se DKI Jakarta
  • Juara II lomba WEB DESIGN se DKI Jakarta
  • Juara II lomba IT/ SOFTWARE APPLICATION se DKI Jakarta
  • Juara I lomba PASKIBRA 2nd FP FORIASI 2011 se DKI Jakarta
  • Juara I lomba ENGLISH DEBATE se DKI Jakarta
  • Juara I lomba FINAL WDC HIMSISFO COMPETITION se DKI Jakarta
  • Juara III lomba Kompetisi Siswa (IT SOFTWARE) se DKI Jakarta dan lainya…

Bidang Olahraga dan Seni:

  • Juara II lomba FloorBall (Indonesia FloorBall Open 2019) tingkat Nasional se DKI Jakarta
  • Juara II lomba Futsal se DKI Jakarta (SMPK/SMAK 8 BPK Penabur)
  • Juara I lomba olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Renang Gaya Bebas 100m Putra se Jakarta Barat
  • Juara II lomba Basket se DKI Jakarta (SATELITE XX)
  • Juara I lomba Tari Saman se DKI Jakarta (Pondok Pesantren Asshiddiqiyah) dan lainya…

Sertifikasi Sekolah

Sertifikasi ISO 9001:2000

Sejalan dengan program Diknas bahwa pada tahun 2014 seluruh smk telkom jakarta timur SMK harus bersertifikat ISO:9001. Saat ini seluruh 6 (enam) sekolah SMK Telkom Sandhy Putra telah berhasil memperoleh sertifikat ISO 9001:2000 dari Badan Sertifikasi Internasional TUV dan SAI Global.

SATELITE

SATELITE (Sports, Arts, and Education in Telecommunication Institute) adalah kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh OSIS SMK Telkom Jakarta, sebagai wadah kreativitas dan hiburan di kalangan SMP dan SMA se-JABODETABEK.

SATELITE merupakan bentuk nyata kepedulian OSIS SMK Telkom Jakarta dalam tersedianya sumber daya manusia yang berkualitas di Indonesia yang akan menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara maju di dunia. SATELITE pertama kali diadakan pada tahun 1999 dalam rangka merayakan hari jadi Yayasan Sandhykara Putra yang ke-7. Konsep SATELITE adalah perpaduan Sports (Olahraga), Arts (Kesenian), dan Education (Pendidikan) yang nantinya akan dapat menjadi bekal mereka di masa depan.

Tujuan

  • Media untuk memperkenalkan ekstrakulikuler yang ada di SMK Telkom Jakarta kepada siswa SMP dan SMA se-JABODETABEK.
  • Menggali potendi pelajar SMP dan SMA se-Indonesia di bidang olahraga, seni, dan edukasi.
  • Media untuk ajang kreatifitas dan hiburan bagi pelajar SMP dan SMA se-JABODETABEK.
  • Kegiatan ajang promosi produk dari sponsor dengan fun booth yang telah disediakan oleh panitia.

Telkom School Cup

Telkom Shool CUP adalah ajang kebolehan dalam bidang Olahraga, Seni dan Pendidikan bagi siswa SMP dan SMA se-JABODETABEK yang menunjang sportivitas dan kreativitas. Jenis-jenis kompertisi yang akan dilaksanakan pada Telkom School CUP adalah:

 
SMP Sederajat SMA/K Sederajat
Futsal Futsal
Ratoeh Jaroe Basket
MTQ DA’I
PUBG Mobile Ratoe Jaroe
Mobile Legends Badminton

Free Try Out

Tes tertulis atau percobaan ujian, bertujuan untuk mengukur sejauh mana tingkat kesiapan dalam menghadapi Ujian Nasional dan untuk membuat murid-murid lebih relax saat ujian. Diadakan secara gratis atau Cuma-Cuma untuk siswa SMP. Ini adalah salah satu partisipasi SATELITE dalam meningkatkan kepedulian pada bidang edukasi di Indonesia.

Closing Ceremony

Dalam acara ini akan dilaksanakan pemberian piala dan hadiah bagi para pendaftaran smk telkom jakarta pemenang TELKOM SCHOOL CUP, live performance dari guest star dan band audisi, performance free style, dan tari saman serta bazaar dari bermacam-macam gerai, baik gerai dari sponsor maupun gerai dari siswa/i SMK Telkom Jakarta.

Mitra Pendidikan

    • Institut Teknologi Telkom Jakarta
    • Telkom University
    • Institut Teknologi Telkom Purwokerto
    • Institut Teknologi Telkom Surabaya
    • Univeritas Tarumanagara
    • Universitas Budi Luhur
    • Universitas Trisakti
    • Binus University
    • President University
    • Universitas Prasetiya Mulya
    • Universitas Multimedia Nusantara
    • SMPIT Asy-Syukriyyah
    • Universitas Negeri Jakarta
    • SMPIT Al-Bayan
    • Universitas Mercu Buana
    • Ganesha Operation
    • Institut Pradita
    • Universitas Tanrie Abeng
    • SMPIT Al-Maka
    • MTS Asy-Syukriyyah

Kota lain

Sekolah ini didirikan bersama-sama dengan pendirian SMK Telkom Sandhy Putra di kota lain seperti:

  1. SMK Telkom Makassar
  2. SMK Telkom Sandhy Putra Malang
  3. SMK Telkom Sandhy Putra Banjarbaru
  4. SMK Telkom Sandhy Putra Medan 
  5. SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto
  6. SMK Telkom Sandhy Putra Bandung
  7. SMK Telkom Sekar Kemuning Cirebon

Baca Juga : https://www.mubainfo.com/stm-adalah/

smk
SMK

Pengertian STM Hingga Perbedaannya dengan SMK dan SMA

STM adalah – Di Indonesia, ketika sudah memasuki Sekolah Menengah Atas, bukan hanya SMA dan SMK saja, tetapi juga ada STM. Saat ini, STM sudah banyak diminati oleh banyak orang karena setelah lulus sekolah, siswa bisa mencoba untuk melamar kerja karena sudah memiliki kemampuan ketika menempuh pendidikan.

Lalu, sebenarnya, apa yang dimaksud dan STM dan ciri khas dari STM apa saja? Simak penjelasan lengkap tentang STM di bawah ini.

Pengertian STM

STM adalah singkatan dari Sekolah Teknik Menengah. Lalu, sekolah ini adalah salah satu nama untuk jenjang pendidikan di Indonesia yang mempersiapkan lulusannya untuk menjadi tenaga kerja produktif yang menguasai berbagai bidang teknik.

Oleh sebab itu, di dalam STM sendiri ada berbagai jurusan yang berkenaan dengan teknik. Maka dari itu, Sekolah Teknik Menengah (STM) menyelenggarakan pendidikan dari berbagai jurusan yang berkaitan dengan bidang keilmuan teknik, mulai dari teknik mesin, teknik kimia, teknik pemeliharaan alat listrik, teknik rangka motor, teknik instrumen pesawat terbang, dan lain sebagainya.

Mengingat bidang teknik ini banyak diisi oleh anak-anak lelaki, maka nama STM menjadi sangat identik dengan sekolahnya lelaki.

Dulu, di Indonesia STM menjadi salah satu sekolah kejuruan yang populer selain SMEA (Sekolah Menengah Ekonomi Atas), SPMA (Sekolah Pertanian Menengah Atas), dan berbagai sekolah kejuruan lainnya.

Berbagai sekolah kejuruan di atas kemudian digabungkan dan diseragamkan penamaannya menjadi SMK atau yang lebih kita kenal saat ini, yaitu Sekolah Menengah Kejuruan. Nama ini mulai diperkenalkan tepat pada tahun 1997 atau setelah turunnya Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 036/0/1997.

Sejarah STM

STM ini bisa dibilang merupakan salah satu bentuk sekolah yang sangat legendaris. Sekolah level menengah untuk bidang teknik sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Tepatnya tahun 1853.

Kemudian, sekolah ini berkembang dan tumbuh di beberapa daerah di Indonesia seperti Batavia dan Surabaya. Pada masa itu, generasi muda yang bisa bersekolah di tempat ini adalah mereka yang sebelumnya menamatkan sekolah dasar yang juga didirikan oleh Belanda.

Lulusannya, saat itu diarahkan untuk menjadi seorang mandor atau werkbau dalam berbagai bidang. Mulai dari montir mobil, penata batu, kelistrikan, hingga permesinan. Pada mulanya, sekolah teknik semacam ini dilakukan dalam waktu tiga tahun.

Namun di tahun 1913, lamanya proses pendidikannya sempat bertambah menjadi 4 tahun. Sekolah Teknik Menengah ini terus ada di tengah masyarakat Indonesia, tetapi kurang diberi perhatian. Meskipun jumlahnya sebelum tahun 1970-an sudah mencapai ratusan sekolah di penjuru Indonesia, tetapi STM dan berbagai Sekolah Kejuruan ini baru diberi perhatian yang lebih besar ketika memasuki tahun pelajaran 1976/77.

Saat itu, negara secara khusus memunculkan kurikulum yang mengatur sekolah-sekolah kejuruan termasuk STM, hingga dianjurkan pada penyempurnaannya di tahun 1984.

Di antaranya adalah:

  1. Kegiatan praktik mendapat porsi 30-50% dari kegiatan belajar.
  2. Kegiatan belajar dilakukan selama 12 hingga 20 jam pelajaran dalam seminggu
  3. Metode belajar yang disosialisasikan untuk digunakan adalah CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif) di mana siswa didorong lebih aktif untuk mendemonstrasikan pekerjaannya di hadapan guru.

STM dan berbagai sekolah kejuruan sejenis melebur dengan satu nama yang saat ini dikenal sebagai SMK pada tahun 1997. Dengan demikian, di dalam SMK terdapat banyak sekali jurusan, termasuk jurusan-jurusan yang berhubungan dengan teknik sebagaimana yang terdapat pula dalam STM.

Tentang STM (Sekolah Teknik Menengah)

Ketika Jepang masuk ke Indonesia, seluruh sekolah yang didirikan pada masa kolonial Belanda mengalami perubahan. Sejak inilah nama STM (Sekolah Teknik Menengah) digunakan, yang di mana sebelumnya bernama Middelbare Techinise School.

Ternyata, STM juga menjadi cikal bakal sekolah vokasi di Indonesia. Nama STM yang merupakan akronim dari Sekolah Teknik Menengah, belakangan sering muncul di berbagai media massa dan kanal media sosial. Oleh sebagian masyarakat, STM sering dianggap sebagai singkatan dari Sekolah Teknik Mesin. Anggapan ini muncul barangkali karena lulusannya banyak yang mengerti soal mesin, padahal kenyataannya dalam STM ada beberapa jurusan teknik lain selain teknik mesin.

STM juga merupakan cikal bakal dari pendidikan Vokasi di Indonesia. Karena sudah ada sejak era kolonial Belanda (sejak 1853) bersamaan dengan: Sekolah Kewanitaan, Sekolah Pertanian dan Sekolah Perdagangan pada masa itu.

Ketika Jepang masuk ke Indonesia, seluruh sekolah yang didirikan pada masa kolonial Belanda baru mulai mengalami perubahan. Sejak inilah nama STM (Sekolah Teknik Menengah) digunakan, yang di mana sebelumnya bernama Middelbare Techinise School.

Setelah kemerdekaan Indonesia, hingga masa orde baru, ada beberapa sekolah cikal bakal SMK yaitu: SMEA (Sekolah Menengah Ekonomi Atas), SMKK (Sekolah Menengah Keterampilan Keluarga) dan SPMA (Sekolah Pertanian Menengah Atas), dan lain-lain.

SMK (Sekolah Menengah Kejuruan)

SMK adalah jenis Pendidikan jenjang menengah yang memfokuskan seseorang untuk memilih kejuruan yang dikehendakinya terlebih dahulu sebelum memulai Pendidikan.

Selain itu, di SMK seseorang langsung berfokus terhadap jurusan tersebut tanpa mempelajari materi lainnya yang tidak memiliki kaitan dengan jurusan tersebut, terkenal dengan ilmu umum.

Sistem Pendidikan SMK sama sekali berbeda dengan Pendidikan SMP dan jenjang SMA. Sebab, dari awal mula seseorang memilih melanjutkan pada jenjang Pendidikan ini otomatis telah lebih tahu mengenai jurusan apa yang diinginkannya untuk dipelajari. Dengan kata lain, sistem pendidikannya lebih banyak praktek dan pendalaman teori mengenai jurusan tersebut.

SMK atau Sekolah Menengah Kejuruan sesuai dengan Namanya tentu saja memiliki banyak jurusan yang dapat dipilih sesuai dengan minat bakat masing-masing. Adapun kejuruan yang dimaksud adalah jurusan komputer (TKJ RPL), farmasi, gambar bangunan, otomotif, dan lain–lain. Selain itu, jurusan tersebut juga memiliki kadar materi focus dan membuat kamu menjadi ahli di bidangnya.

Jika Anda saat ini atau akan bersekolah di SMK atau lulusan SMK dan ingin kuliah, maka bisa lanjut ke Politeknik. Atau jika ingin bekerja juga pasti bisa.

Setelah kemerdekaan hingga masa orde baru, ada beberapa sekolah cikal bakal SMK yaitu:

  1. SMEA (Sekolah Menengah Ekonomi Atas)
  2. SMKK (Sekolah Menengah Keterampilan Keluarga)
  3. SPMA (Sekolah Pertanian Menengah Atas), dan lain-lain.

Apa Bedanya STM VS SMK?

Setelah mengetahui berbagai macam penjelasan tentang STM dan SMK, mulai dari pengertian perbedaan sma dan smk hingga sejarahnya, maka rasanya belum lengkap kalau tidak membahas tentang perbedaan antara STM dan juga SMK. Untuk mengetahui lebih jelasnya tentang kedua lembaga pendidikan itu, maka kamu bisa simak penjelasannya kepanjangan smk di bawah ini.

1. Perbedaan Bidang Kejuruan

Perbedaan pertama dari STM dan SMK adalah perbedaan yang terletak pada bidang kejuruan. Benar sekali, kejuruan dalam STM (Sekolah Teknik Menengah) ini umumnya berupa bidang-bidang atau kejuruan yang menuju ke arah teknik saja. Oleh karena itu, pada STM, kamu akan melihat beberapa kejuruan, seperti teknik mesin, teknik komputer, teknik listrik, dan masih banyak lagi.

Lalu, pada SMK (Sekolah Menengah Kejuruan), kejuruannya atau bidang-bidangnya lebih mengarah pada banyak bidang. Itu artinya jurusan di kepanjangan smk adalah lebih banyak dibandingkan dengan STM. Jurusan yang ada pada SMK, seperti akuntansi, perhotelan, tata boga, dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, ketika ingin melanjutkan pendidikan, sebaiknya kamu mengetahui bakat kamu terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah dalam menentukan akan masuk ke STM atau SMK.

2. Perbedaan Masa Beroperasi

Perbedaan antara STM dengan SMK yang kedua adalah perbedaan pada masa beroperasinya. Dalam peraturan yang sudah berlaku, STM sudah tidak ada setelah tahun 1997. Hal ini karena pada Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 036/0/1997. STM sudah dilebur menjadi satu dengan SMK atau Sekolah Menengah Kejuruan.

Oleh karena itu, istilah SMK hingga saat ini lebih banyak dikenal oleh banyak masyarakat. Bahkan, SMK ini bukan hanya ada yang negeri saja, tetapi sudah banyak lembaga pendidikan swasta yang mulai memiliki SMK.

Meski masa beroperasinya berbeda, tetapi pada umumnya proses pembelajarannya hampir sama yang di mana lebih mengutamakan praktik dibandingkan dengan materi. Oleh sebab itu, lulusan STM atau SMK memang diperuntukkan siswa yang memang ingin bekerja setelah lulus.

3. Perbedaan Dominasi Jenis Kelamin Peserta Didik

Perbedaan ketiga dari STM dan SMK adalah perbedaan pada dominasi jenis kelamin peserta didik atau siswanya. Pada STM (Sekolah Teknik Menengah), biasanya jumlah siswa akan didominasi oleh laki-laki. Hal ini bukan tanpa alasan karena STM merupakan sekolah teknis, sehingga sangat wajar kalau banyak laki-laki yang sekolah di situ.

Meskipun didominasi oleh laki-laki, bukan berarti tidak ada perempuannya. Dengan kata lain, dalam beberapa jurusan juga ada perempuannya. Oleh karena itu, bagi para wanita jangan takut kalau masuk STM karena bisa jadi kamu menjadi salah satu murid paling pandi di STM.

Lain halnya dengan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) yang di mana biasanya banyak didominasi oleh perempuan. Apalagi pada beberapa jurusan yang identik dengan perempuan, seperti akuntansi, busana, tata boga, dan masih banyak lagi.

Sama halnya dengan STM, siswa di SMK juga ada yang laki-laki, meski begitu memang umumnya didominasi oleh perempuan. Meski begitu, bagi para laki-laki tak ada salahnya masuk ke jurusan yang didominasi oleh perempuan. Akan tetapi, dengan catatan bahwa kamu harus benar-benar menyukai jurusan yang sudah dipilih.

Meskipun STM dan SMK memiliki beberapa perbedaan, tetapi sebenarnya keduanya memiliki satu buah persamaan yang paling mendasar. Adapun persamaan yang dimaksud adalah lulusan dari STM dan SMK sama-sama dipersiapkan untuk menjadi sumber daya manusia yang berkualitas.

Dengan begitu, lulusan STM dan SMK diharapkan dapat menjadi generasi yang produktif. Selain itu, juga diharapkan agar lulusan STM dan SMK bisa diserap oleh industri dengan baik.

Perbedaan STM, SMK, dan SMA

Setelah mengetahui perbedaan tentang STM dan SMK, maka kamu juga perlu mengetahui perbedaan STM, SMK, dan SMA. Hal ini karena ketiga jenjang pendidikan itu setingkat, sehingga rasanya belum lengkap kalau tidak membahas perbedaan ketiga jenjang pendidikan itu.

1. Tujuan dari Kurikulum Pendidikannya

Perbedaan pertama dari STM, SMK, dan SMA adalah tujuan dari kurikulum pendidikannya. Ketika bicara tentang STM dan SMK pastinya sudah paham kalau kedua jenjang pendidikan itu memang ditujukan agar siswa menjadi lulusan yang produktif, sehingga bisa menjadi sumber daya manusia yang berkualitas.

Selain itu, siswa lulusan STM dan SMK diharapkan tidak perlu melanjutkan kuliah karena sudah memiliki bekal ilmu untuk bekerja di bidang tertentu. Meski begitu, tak ada salahnya apabila kamu ingin melanjutkan kuliah guna mendapatkan banyak ilmu baru.

Lalu, kurikulum pada SMA ini cenderung mempersiapkan para siswanya untuk menjadi tenaga profesional dalam jenjang yang lebih tinggi. Dalam hal ini, jenjang yang lebih tinggi yang dimaksud adalah perkuliahan. Oleh karena itu, dalam SMA, biasanya terdapat jurusan IPA dan IPS. Jurusan ini ditujukan agar siswa lebih mudah dalam memilih jurusan saat kuliah nanti.

2. Bobot Praktik dan Teori

Perbedaan kedua yang ada pada STM, SMK, dan SMA adalah bobot praktik dan teorinya. Dari kurikulumnya saja sudah dapat dilihat kalau STM dan SMK ini bobot praktiknya lebih besar dibandingkan dari teorinya. Hal ini karena STM dan SMK memang diperuntukkan bagi mereka yang ingin bekerja ketika lulus dari sekolah.

Pada umumnya perbandingan bobot ini adalah 70 banding 30. Itu artinya, 70 persen praktik dan 30 persen teori. Bahkan dalam STM dan SMK harus adalah Praktek Kerja Industri atau lebih dikenal dengan PKL. Jangka waktu PKL ini biasanya sekitar 3 bulan.

Lain halnya dengan SMA yang di mana bobot teorinya lebih banyak dibandingkan dengan praktiknya. Oleh karena itu, SMA lebih cenderung dikenal dengan sifatnya yang akademis. Maka dari itu, siswa SMA juga lebih sering berpikir untuk memahami suatu materi pembelajaran yang kemudian menganalisisnya. Terkadang bukan hanya menganalisis saja, tetapi juga mendiskusikannya bersama dengan teman-teman.

3. Profil Lulusannya

Perbedaan antara STM, SMK, dan SMA yang terakhir adalah profil lulusannya. Dalam hal ini, bisa dilihat ketika sekolah mempromosikan sekolahnya yang di mana siswa lulusan STM dan SMK akan lebih dibanggakan ketika berhasil masuk industri ternama. Sedangkan SMA akan lebih dibanggakan ketika siswanya masuk perguruan tinggi negeri.

Selain itu, nama STM dan SMK akan lebih dikenal baik oleh banyak orang apabila banyak lulusannya yang bekerja di industri ternama dengan gaji yang cukup banyak. Oleh karena itu, tak sedikit STM dan SMK akan melakukan kerja sama dengan beberapa industri.

Sedangkan SMA akan lebih dikenal baik oleh banyak orang ketika banyak lulusannya yang masuk perguruan tinggi negeri atau PTN. Apalagi kalau perguruan tinggi negeri itu merupakan perguruan tinggi ternama. Oleh sebab itu, kamu jangan heran apabila lulusan SMA akan sangat bangga ketika masuk universitas favorit.

Penutup

STM merupakan singkatan dari Sekolah Teknik Menengah, sehingga kejuruan atau jurusan pada STM lebih cenderung ke arah teknik. Mulai dari teknik mesin, teknik komputer, teknik listrik, teknik perangkat lunak, dan masih banyak lagi.

STM yang merupakan jurusan teknik menengah ini memang digemari oleh banyak orang, sehingga banyak orang berusaha untuk masuk STM dengan harapan setelah lulus dapat bekerja. Pada dasarnya, STM atau SMK sama-sama sekolah yang mengutamakan praktik dibandingkan dengan teori hanya saja STM lebih cenderung ke teknik.

Baik itu STM atau SMK, atau SMA ketiganya sama-sama memiliki keunggulannya masing-masing. Jadi, Grameds sudah menentukan hati akan bersekolah di mana?

Untuk mendapatkan informasi lebih, Grameds bisa membaca buku yang tersedia Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan.

Baca Juga : https://www.mubainfo.com/smk-telkom-purwokerto/

smk telkom malang
SMK

SMK Telkom Malang, Sekolah Swasta Favorit & Terbaik Untuk Anak Anda

SMK Telkom Malang adalah Sekolah Menengah Kejuruan yang berbasis Teknologi dan Teknologi Informasi di Kabupaten Malang, berlokasi di kawasan Malang Technoplex sejak tahun 2013 SMK Telkom Malang telah terakreditasi dan memiliki standar kualitas ISO.

Bagi Anda yang masih bingung ingin memasukkan anaknya ke sekolah mana setelah lulus dari Sekolah Menengah Pertama, maka sekolah ini bisa menjadi pilihan terbaik, karena memang menjadi salah satu sekolah favorit di Malang untuk kategori SMA sederajat.

Biaya Pendaftaran SMK Telkom Malang

Biaya pendaftaran Rp 150.000, Informasi Tes masuk gratis bagi siswa yang memiliki rapor smk telkom malang nilai rata-rata Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan IPA semester 1-4 di atas 80. Dalam kegiatan yang masih menjadi bagian dari Employee Volunteer Program (EVP) ini, Herdy menegaskan bahwa mahasiswa harus lebih melihat teknologi dan harus bisa memanfaatkan ilmunya.

Tidak hanya itu, Herdy juga berbagi pengalaman dengan siswa SMK sekaligus memotivasi mereka untuk aktif berkarya sehingga menjadi manusia yang berguna bagi Indonesia dan dunia. Pembekalan ilmu dan keterampilan di bidang TIK tentunya mutlak dibutuhkan oleh generasi muda bangsa seperti mereka, agar tidak mudah tergerus oleh dampak negatif globalisasi dari luar.

Ini tentu mengutamakan pembinaan karakter yang baik. Herdy menuturkan, mahasiswa harus mampu menciptakan kelas dunia, mereka harus lebih kreatif. Penilaian tidak harus diukur dari nilai, tetapi juga dari hasil kompetensi yang diikuti siswa. Dia berbagi pengalamannya selama di Amerika Serikat. Dalam ujian, tidak ada yang namanya menyontek semua pelajar di luar negeri sangat pelit.

Apa Saja Soal Tes Masuk Sekolah Ini?

Pembahasan lengkap mengenai contoh ujian masuk SMK Telkom Malang

Admin blog membagikan contoh soal dan juga mengumpulkan gambar lainnya terkait contoh ujian siakad smk telkom malang masuk SMA Telkom Malang Malang di bawah ini. Contoh soal tes masuk topik hangat untuk jurusan kuliner SMA. Tips Wawancara Masuk SMK Telkom Malang soal.

Secara umum berbagai contoh soal tes IQ atau soal tes kecerdasan cukup mudah didapatkan di toko buku biaya smk telkom malang 2022 dengan pilihan ganda tes logika 90 (38 soal, 25 menit) tes logika umum 1. Kali ini saya akan memberikan contoh soal tes potensi akademik sebagai bagian dari materi tes psikologi kemampuan verbal.

Contoh soal tes entri smk di apotek berikut adalah grid soal pretes ppg yang merupakan kumpulan file dari berbagai sumber kisi-kisi PG tentang contoh soal tes entri smk jurusan farmasi yang bisa anda gunakan dan download untuk Gratis.

Interupsi =

  1. Interupsi (jawaban benar A, Interupsi = Interupsi)
  2. Menulis
  3. Pendapatan
  4. Penundaan
  5. Resistensi

Komitmen =

  1. Persetujuan
  2. Persamaan
  3. Perjanjian (jawaban benar C, Komitmen = Perjanjian)
  4. Kepatuhan
  5. Konsekuensi

Mobilitas =

  1. Mengemudi
  2. Proaktif
  3. Kekuatan
  4. Gaya Pergerakan (jawaban benar D, Mobilitas = Gaya Gerak)
  5. Agresivitas

Koalisi =

  1. Persetujuan
  2. Perbandingan
  3. Persamaan
  4. Gabungkan (jawaban benar D, Koalisi = Menggabungkan)
  5. Penjajaran

Fobia =

  1. Perasaan
  2. Ketakutan (jawaban benar A, Fobia = Perasaan)
  3. Mimpi Buruk
  4. Tidak Bisa Tidur
  5. Kekuatan

Agitasi =

  1. Ancaman
  2. Permusuhan
  3. Rayuan (jawaban benar C, Agitasi = Rayuan)
  4. Resistensi
  5. Assault

Tengah =

  1. Center (jawaban benar B, Central = Center)
  2. Tengah
  3. Tepi
  4. Penting

Evaluasi =

  1. Ujian
  2. Pelajaran
  3. Perbandingan
  4. Perumusan
  5. Assessment (jawaban benar E, Evaluation = Assessment)

Dejure =

  1. Berdasarkan adat istiadat
  2. Berdasarkan Hukum (jawaban benar B, De Jure = Berdasarkan Hukum)
  3. Berdasarkan Bea Cukai
  4. Berdasarkan peraturan
  5. Berdasarkan Kebijakan

Alfa=

  1. Absen
  2. lalai
  3. Hadir (Jawaban yang benar C, Alfa> <Sekarang)
  4. Lupa

Reaksi=

  1. Pasif
  2. Aktif
  3. Agresif
  4. Tindakan (Jawaban yang Benar D Reaksi> <Tindakan)
  5. Proaksi

Jamak=

  1. Little (Jawaban yang benar A, Jamak> <Sedikit)
  2. Banyak
  3. Sebuah kelompok
  4. Sebagian
  5. Single

Ilusi=

  1. Delusi
  2. Halusinasi
  3. Bayangan
  4. Mimpi
  5. Real (Jawaban yang benar E, Illusion> <Real)

Apa Saja Persyaratan Untuk Kerja di PT Telkom?

Lowongan Kerja di PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) adalah sebuah badan usaha milik negara yang bergerak di bidang jasa telekomunikasi dan jaringan di wilayah Indonesia. Saat ini saham dimiliki oleh Pemerintah Indonesia (53,6%), dan 46,4% dimiliki oleh Publik, Bank of New York dan Pemodal Domestik. Telkom memiliki 13 anak perusahaan.

Saat ini PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk kembali membuka lowongan kerja baru di bulan Februari 2021. Berikut adalah lowongan kerja yang saat ini tersedia bagi Anda para pencari kerja yang berminat mengembangkan karir bersama PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk dengan kualifikasi sebagai berikut.

Program Rekrutmen Lulusan Baru 2021, Persyaratan:

  1. Warga negara Indonesia
  2. Baru lulus
  3. S1: belum berumur 24 tahun
  4. S2: belum berumur 27 tahun
  5. S1: belum berumur 27 tahun
  6. S2: belum berumur 30 tahun
  7. Pengalaman (memiliki pengalaman kerja minimal 2 tahun)

Dan Bersedia menjalani masa service bond; Bersedia jurusan smk telkom malang ditempatkan di lokasi penempatan yang diinginkan dengan pembatasan perpindahan karir sampai Band Posisi IV masih berada di lokasi penempatan yang sama (level pertama atau entri adalah Pita Posisi VI).

1. PENGOPERASIAN ATAU PEMELIHARAAN JARINGAN AKSES

Pekerjaan yang terkait dengan pengelolaan Inventaris Data Akses (input, verifikasi, dan validasi), serta pengoperasian, pemeliharaan, pemecahan masalah, dan pengoptimalan kinerja CPE / NTE, Kabel Broadband Rumah, FTTH, Manajemen Pemutusan Serat.

2. PENGOPERASIAN ATAU PEMELIHARAAN JARINGAN ANGKUTAN DAN INTI

Pekerjaan yang terkait dengan pengoperasian, pemeliharaan, pemecahan masalah, dan optimalisasi kinerja Metro Ethernet, Jaringan Transportasi Optik Terestrial, Jaringan Transportasi Serat Optik Terestrial (pabrik luar), Jaringan Transportasi Serat Optik Bawah Laut (pabrik luar), Kontrol Pesawat Luar Angkasa Satelit.

Jaringan Satelit, IP Radio, Evolved Packet Core, IP Core Network, dan Network Management System (NMS) serta manajemen pengukuran jaringan, sistem manajemen jaringan transportasi optik, inti paket yang berkembang dan perbaikan sistem & peralatan telekomunikasi.

3. JASA DESAIN & PERENCANAAN BROADBAND dan VIDEO PLATFORM

Pekerjaan yang terkait dengan pengoperasian, pemeliharaan, evaluasi, analisis, integrasi, dan perumusan kebijakan terkait pengelolaan Layanan Aplikasi Telekomunikasi, Platform Layanan Broadband IP, Platform Video, Layanan Broadband IP, dan pengelolaan Layanan Suara, Data, Video & Multimedia , jaminan telekomunikasi, uji kutipan.

Aspek rekayasa perangkat, integrasi dan pengujian komponen jaringan dalam sistem komunikasi, melakukan instalasi, pengujian, dekomisioning sistem telekomunikasi sesuai prosedur yang telah ditetapkan, manajemen lalu lintas, layanan terkelola, serta pengoperasian dan pengelolaan pengguna dan aplikasi OSS atau BSS.

4. MANAJEMEN PENJUALAN DAN PENGELOLAAN HUBUNGAN PELANGGAN

Pekerjaan yang berkaitan dengan strategi atau kebijakan penjualan dan implementasi penjualan. Dan Pekerjaan tersebut terkait dengan perencanaan hubungan pelanggan dengan perusahaan melalui multi touch point, sistem analitik pelanggan, dan pengalaman pelanggan digital.

5. OPERASI LAYANAN PELANGGAN

Pekerjaan terkait penerapan customer smart care, penerapan saluran yang digunakan untuk mendekatkan produk kepada pelanggan, dan penerapan mekanisme konsep layanan penagihan & pembayaran bagi pelanggan.

Lokasi Penempatan:

  • Sumatra
  • Kepulauan Nusa Tenggara
  • Kalimantan
  • Sulawesi, Kepulauan Maluku dan Papua

Sekian pembahasan atau bisa dibilang review tentang SMK Telkom Malang semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke keluarga, teman dan orang terdekat Anda.

Baca Juga : https://www.mubainfo.com/takola-smk/

takola smk
SMK

Penyaluran Bantuan Lebih Efektif Berkat Aplikasi Takola SMK, Begini Cara Menggunakannya

Peserta dapat secara optimal mengakses program pengembangan SMK melalui aplikasi Takola SMK termasuk program SMK sebagai Center of Excellence tahun 2021. Kegiatan pelaksanaan kerjasama antara SMK dengan dunia kerja diwujudkan dengan penandatanganan perjanjian kerjasama dan penyusunan kesepakatan bersama.

Dengan begitu, para peserta diharapkan mampu melaksanakan kerjasama dengan dunia kerja secara berkelanjutan yang akan diberikan selama kurang lebih enam bulan ke depan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Definisi Takola SMK

SMK Takola adalah aplikasi berbasis web terintegrasi dengan DAPODIK sebagai sumber data yang digunakan untuk mengelola proses tersebut proposal, penetapan, pemantauan dan pelaporan bantuan yang diberikan Pelatihan Kejuruan untuk Sekolah.

Sistem manajemen aplikasi Takola aktif intinya adalah sebuah system mengendalikan proses manajemen hadiah bantuan ke sekolah dari tahap awal proposal oleh sekolah, tahap verifikasi ulang data sekolah, tahap pengajuan persetujuan Pendidikan Provinsi  Kejuruan dan pelaporan pelaksanaan bantuan sekolah kembali. Strategi Penerapan Tata Kelola Strategi pelaksanaan pekerjaan ini bertujuan agar hasil validasi data yang diperoleh lebih banyak akurat dan akuntabel.

Baca Juga : Pembahasan Lengkap dan Mekanisme Pendistribusian PIP SMK di Tahun 2021, Lengkap!

Buku Panduan Aplikasi Takola Sekolah Kejuruan 

Pendidikan Provinsi hingga proses penentuan calon penerima bantuan oleh pihak sekolah. Direktorat Bimbingan Sekolah. Sistem ini diharapkan dapat memaksimalkan dan meningkatkan efisiensi dalam proses pemberian bantuan dan pemantauan tahapan pelaksanaan bantuan di sekolah sehingga seluruh proses dapat termonitor dan terkoordinasi dengan baik. khususnya sekolah menengah kejuruan yang menjadi ujung tombak pembangunan SMK Pengguna aplikasi TAKOLA SMK.

Tujuan

Adapun tujuan yang ingin dicapai dari aplikasi ini adalah:

  • Meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses pemberian bantuan
  • Meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan bantuan
  • Memfasilitasi proses pemantauan sekolah terhadap proses pelaksanaan bantuan

Pembaca yang baik hati dan semoga dalam keadaan yang baik, kali ini penulis ingin berbagi coretan pena bertajuk Panduan Lengkap dan Penjelasan Takola, untuk mengisi saran bantuan sarana dan pramasukana sekolah untuk informasi lebih lanjut sebagai berikut. Setelah mengetahui penampilan Takola, Berikut ini adalah pembagian terstruktur mengenai sedapat mungkin akan kami jelaskan secara cukup detail.

Bagaimana Cara Masuk atau Login?

Teknik login dan pengisian data di Takola:

  1. Mengetahui alamat official website 

untuk pengisian TAKOLA dimana 2 situs ini selama percobaan saya bergabung, jadi tidak masalah jika anda masuk melalui cara pertama atau cara kedua.

  1. Username dan Password saat login

Mirip dengan situs resmi yang terhubung menggunakan SSO (Single Sign ON) takola tidak jauh dari sama dengan beberapa situs resmi operator sekolah, misalnya saat verifikasi melalui VERVALPD, VervalPTK, VervalSP, yang menggunakan akun dapodic misalnya, tingkat sekolah menengah kejuruan menggunakan akun dapodik SMK. Jadi nama pengguna termasuk alamat email yang digunakan oleh operator.

Proyek Pembangunan Gedung Sekolah 

Bangunan sekolah merupakan infrastruktur yang sangat penting untuk menunjang keberhasilannya program pendidikan. Kondisi fisik gedung sekolah yang memenuhi standar dan didukung oleh Fasilitas yang memadai dijadikan tolak ukur mutu sekolah. Studi ini menguji penerapan sistem Tata Kelola untuk pembangunan sekolah yang diusulkan.

Metode yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dimana hasil survei, wawancara dan kuesioner diolah dengan menggunakan SPSS dan AHP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat faktor pendukung dan defisiensi internal Penerapan sistem Tata Kelola proposal sekolah  sudah baik dari data Dapodik sekolah.

Baca Juga : KJP Plus : Cara Mendapatkannya dan Cek Saldo Terbaru 2021!

Software atau aplikasi Tata Kelola, jaringan internet dan pelatihan atau Bimtek. Memperbaiki kerusakan gedung sekolah yang dimaksud adalah perawatan rutin dimulai dari pengecatan sampai pada tingkat yang relatif tinggi dalam upaya memenuhi tingkat standarisasi ruang.

Bangunan juga perlu disesuaikan dengan klasifikasi tingkat kerusakan yang digunakan sebagai dasar internal menentukan kebijakan oleh manajemen sekolah atau Dinas Pendidikan. Model penerapan sistem Tata Kelola pada penelitian ini dapat memberikan gambaran tentang system Tata kelola pembangunan sekolah yang diusulkan.

Latar Belakang

Gedung sekolah tersebut memiliki fungsi sebagai tempat interaksi antara siswa dan guru dalam proses kegiatan belajar mengajar. Proses pendidikan dan pengajaran di lingkungan sekolah tidak lepas dari ketersediaan infrastruktur, salah satunya adalah gedung sekolah.

Keadaan ini pasti memberikan Kontribusinya belum optimal dalam kualitas pendidikan sekolah dasar di Indonesia. Upaya dari dalam pemerintahan Kabupaten Sorong dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan antara lain mengidentifikasi kondisi fisik infrastruktur sekolah.

Identifikasi dilakukan ke gedung sekolah dasar di seluruh kabupaten. Hasil identifikasi berupa penilaian kondisi fisik gedung sekolah digunakan sebagai administrator pemerintahan dasar dalam upaya tersebut pembuatan kebijakan, jadi ini adalah upaya Pemerintah secara tertib menyediakan gedung sekolah secara khusus Sekolah dasar yang layak dapat dilaksanakan baik dan tepat sasaran.

Manajemen, pemeliharaan dan pedoman pemeliharaan gedung tempat bangunan diatur Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 24  atau PRT atau M atau 2021 Tentang Pemeliharaan dan Perawatan gedung.

Bangunan Sekolah Dasar termasuk dalam ruang lingkup bangunan yang merupakan proses mengelola, memelihara dan perawatannya harus mengacu pada Candy PU 24 2021. Tidak berhasilnya proses belajar mengajar terlepas dari fungsinya atau tidak termasuk infrastruktur pendidikan merupakan gedung sekolah yang memenuhi standar.

Kebijakan pemerintah melalui peraturan yang telah dibuat dan didirikan, menegaskan bahwa inventaris, pendataan dan perbaikan kondisi bangunan sekolah harus terus menerus dilaksanakan untuk memenuhi standar kualitas pendidikan. Mengingat kebutuhan akan data memiliki tingkat validitas dan akurasi memadai dan sebagai penunjang perangkat kendali

Jenis Bantuan Apa yang diusulkan?

Jenis Bantuan Pemerintah untuk Fasilitasi Pembangunan Unit Sekolah Kejuruan Menengah. Berdasarkan tujuan penelitian ini penulis berharap dapat memberikan manfaat Untuk Pemerintah, usulan pemutakhiran data sekolah Kondisi dasar dan tingkat kerusakan bangunan Sekolah.

Yang dapat digunakan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah dan Dinas Kabupaten atau Kota sebagai basis lokasi rehabilitasi, renovasi , revitalisasi,  ruang kelas baru (RKB), perpustakaan, kantin atau sanitasi yang sesuai dengan kondisi nyata. Bagi akademisi, menambah informasi tentang penerapan sistem Tata Kelola pada tingkat kerusakan gedung sekolah Dasar sehingga menjadi masukan yang dalam proses pembelajaran atau transfer pengetahuan ke mahasiswa.

Untuk individu, sebagai salah satu syarat di menyelesaikan pendidikan pascasarjana Fakultas Teknik Sipil, Jurusan Manajemen Teknik Konstruksi Universitas Sam Ratulangi Manado dan sebagai pengalaman pengetahuan tentang penerapan sistem Tata Kelola pada tingkat kondisi kerusakan bangunan Sekolah Dasar, jadi bisa proposal, penetapan, pemantauan dan pelaporan bantuan yang diberikan oleh Direktorat Pelatihan Kejuruan untuk Sekolah.

Penggunaan Tata Kelola Sekolah Kejuruan

Verifikasi dan validasi calon penerima bantuan pemerintah menggunakan aplikasi Tata Kelola yang ditautkan ke data infrastruktur Dapodik. Kemudian hasil verifikasi dikirim secara online ke server sistem aplikasi Tata Kelola.

Manfaat tata kelola dikeluarkan agar memiliki acuan dalam melaksanakan operasional dan melaksanakan supervisi agar sekolah dapat memberikan manfaat kepada semua pihak yang berkepentingan dengan sekolah. Demikian penjelasan dari saya tentang Takola Smk semoga bermanfaat, terima kasih.

jurusan smk
SMK

10 Jurusan SMK yang Lulusannya Banyak Dibutuhkan Dunia Kerja

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dapat menjadi pilihan bagi siswa yang ingin langsung bekerja setelah lulus pendidikan menengah atas, sebelum akhirnya melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi.

Siswa SMK dibekali dengan kemampuan praktek kerja nyata, sehingga setelah lulus sudah siap terjun ke dunia kerja.

Penasaran apa saja jurusan SMK yang lulusannya paling diminati dunia kerja dan menjanjikan di masa depan? Berikut daftarnya dilansir dari laman Sekolah BPK Penabur:

1. Akuntansi

Salah satu jurusan SMK yang lulusannya paling banyak dicari dunia kerja adalah Akuntansi. Kamu akan belajar berbagai bentuk transaksi keuangan, seperti mencatat, mengelola hingga menyajikan data.

Lulusan SMK jurusan Akuntansi pun bisa bersaing dengan lulusan perguruan tinggi.

2. Analis Kimia

Ini dia salah satu jurusan SMK yang banyak dicari di dunia kerja. Jurusan satu ini belajar berbagai hal tentang ilmu kimia, baik kimia murni maupun terapan.

Kamu akan mempelajari tentang laboratorium kimia, alat industri, operasi Teknik dan banyak lainnya.

Lulusannya bisa bekerja sebagai staf laboratorium, analis mikrobiologi hingga quality control di perusahaan farmasi maupun pemerintah.

3. Bisnis dan Pemasaran

Kalau mencari jurusan SMK yang mudah mendapatkan pekerjaan, Bisnis dan Pemasaran bisa jadi pilihannya. Kenapa? Karena semua bidang usaha pasti butuh ilmu bisnis dan pemasaran untuk mengembangkannya.

Nah, di jurusan ini kamu akan belajar mengelola bisnis online, penataan dan inovasi produk, marketing hingga administrasi transaksi.

4. Administrasi Perkantoran

Selain jurusan Akuntansi maupun Bisnis, lulusan jurusan Administrasi Perkantoran juga banyak dibutuhkan perusahaan.

Di jurusan ini kamu akan mempelajari tentang administrasi di lingkungan kantor.

Kamu akan belajar mengenai penataan surat menyurat, pengetikan dokumen hingga pengelolaan arsip kantor.

Jurusan ini sangat cocok untuk kamu yang teliti.

5. Animasi

Sedikit informasi, animasi merupakan salah satu ini yang berkembang sangat pesat. Ini karena animasi adalah produk global yang dapat dinikmati semua kalangan.

Belakangan, animasi juga sering digunakan dalam dunia marketing karena menarik dan lebih mudah dicerna masyarakat.

6. Broadcasting

Punya kepercayaan diri yang tinggi dan suka berbicara di depan umum? Tandanya, kamu cocok sekali dengan jurusan SMK Broadcasting.

Apalagi, sekarang bukan hanya industri TV dan siaran radio yang membutuhkan penyiar, karena kamu juga bisa menjadi staff YouTuber terkenal.

7. Rekayasa Perangkat Lunak

Di jurusan ini kamu akan belajar semua cara pengembangan perangkat lunak. Termasuk pembuatan, pemeliharaan, pengembangan dan manajemen kualitas.

Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) juga berkaitan dengan pembuatan aplikasi, website dan semua yang bersinggungan dengan pemrograman komputer.

8. Desain Grafis/Multimedia

Di era digital saat ini, keterampilan desain grafis dan multimedia yang dibutuhkan. Kamu akan belajar cara membuat teks, video hingga animasi menggunakan berbagai software design.

Jurusan ini cocok untuk kamu yang kreatif yang berbakat di bidang seni.

9. Pariwisata

Punya hobi traveling? Pesona Indonesia memang tidak ada habisnya untuk dijelajahi. Jurusan SMK satu ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang berkontribusi dalam mendukung sektor pariwisata.

Selain itu, mereka juga didorong menciptakan lapangan kerja sendiri di dunia pariwisata. Kamu akan mempelajari bahasa asing, pelayanan, hingga informasi objek wisata.

10. Tata Busana

Kalau kamu hobi mix and match pakaian, Tata Busana menjadi jurusan yang tepat. Jurusan ini akan mengasah keterampilan kamu dalam mendesain pakaian dan menjualnya ke pasaran.

Kamu akan belajar cara membuat pola, bahan-bahan tekstil dan Teknik menjahit.

Baca Juga : https://www.mubainfo.com/contoh-laporan-pkl/

Contoh Laporan PKL SMK
SMK

Contoh Laporan PKL Yang Baik Dan Benar. Siswa SMK Wajib Tahu!

Bingung dengan pembuatan laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) yang sedang kamu jalani? Agar memudahkanmu, lihat saja yuk contoh laporan PKL pada artikel ini!

PKL adalah kegiatan pendidikan yang wajib diikuti oleh siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Tujuan diselenggarakannya program ini adalah untuk melatih siswa dalam praktik di dunia industri.

Nah, dalam pelaksanaannya, para siswa diwajibkan untuk membuat laporan yang memuat kinerja selama PKL.

Laporan PKL sendiri biasanya dijadikan sebagai syarat kelulusan siswa SMK.

Bagi kamu yang sudah selesai melaksanakan praktik kerja industri atau magang ini dan bingung dengan pembuatan laporannya, baca artikel ini sampai habis, ya.

Pasalnya, contoh laporan pkl smk Indonesia telah menghimpun contoh laporan PKL yang benar untuk kamu jadikan referensi.

Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Contoh Laporan PKL yang Baik dan Benar

1. Contoh Laporan PKL SMK

BAB I PENDAHULUAN

A. Alasan Memilih Judul

Alasan memilih judul prosedur Petty cash pada PT Astra International Isuzu Tbk. karena beberapa alasan:

  1. Sesuai dengan jurusan sekolah
  2. Meningkatkan pengetahuan pada proses petty cash
  3. Sesuai dengan apa yang dikerjakan di perusahaan selama 2 bulan
  4. Proses petty cash merupakan sesuatu yang penting bagi pihak perusahaan

B. Tujuan Penulisan

Adapun tujuan pembuatan laporan antara lain:

  1. Mendorong siswa untuk mampu mengembangkan atau contoh laporan pkl smk akuntansi mengemukakan ide pikiran dan pendapatnya dan mampu menuangkannya dalam bentuk tulisan yang sistematis logis dan menggunakan bahasa yang baik dan benar
  2. Membentuk tanggung jawab siswa dalam melaksanakan tugas praktek kerja ini yang berkaitan dengan program keahlian masing-masing
  3. Bukti bahwa siswa yang bersangkutan telah melakukan praktek kerja lapangan dengan baik

C. Tujuan

Adapun tujuan pelaksanaan prakerin ini adalah:

  1. Siswa yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan pekerjaan
  2. menambah pengalaman siswa yang melaksanakan kegiatan PKL ini
  3. Memberikan pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan sekolah menengah kejuruan

D. Metode Pengumpulan Data

Adapun cara pengumpulan data yang dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Metode Observasi

Observasi atau pengamatan merupakan salah satu teknik pengumpulan data atau fakta yang cukup efektif untuk mempelajari suatu sistem. Kegiatan ini dilakukan dengan cara pengamatan langsung suatu kegiatan yang sedang berjalan.

  • Metode Wawancara

Metode ini merupakan suatu teknik pengumpulan data dengan jalan penulis mengadakan contoh laporan pkl smk tkj komunikasi dengan sumber data yaitu orang-orang yang memang ahli di bidangnya saat melakukan pekerjaan praktek kerja lapangan. Komunikasi ini dilakukan dengan dialog secara lisan baik langsung maupun tidak langsung.

  • Metode Kepustakaan

Metode ini diambil melalui data-data dari dalam buku-buku yang diberikan oleh pegawai yang bersangkutan untuk dipelajari oleh penulis yang, maupun dari buku-buku yang penulis ambil untuk dijadikan pegangan dan sesuai dengan judul yang penulis pilih.

BAB II TINJAUAN PUSTAKA

A. Pengertian Petty Cash

Petty cash atau kas kecil adalah sejumlah dana diskresioner dalam bentuk contoh laporan pkl smk administrasi perkantoranb uang tunai yang digunakan untuk belanja di mana tidak masuk akal untuk membuat setiap pencairan dana dengan cek.

B. Fungsi Petty Cash

Fungsinya adalah untuk membeli barang-barang yang tidak di-cover oleh purchase order. Uang dibelikan barang lalu dibon kemudian dimasukkan ke jurnal. Kas kecil juga berguna untuk mengatasi pengeluaran-pengeluaran kecil.

C. Pencatatan Transaksi Petty Cash

Setiap pembelian barang-barang mata uang transport di bawah Rp800.000 per hari menggunakan uang kas di kantor. Lalu bagian administrasi meminta bukti transaksi yang dilakukan ke dalam jurnal. Bukti-bukti pengeluaran dikumpulkan seperti nota bon, kuitansi, bukti pembayaran, pembelian kebutuhan dapur, dan bukti struktur pembayaran keluar masuknya kendaraan di tol.

BAB III PROSEDUR PETTY CASH DI PT ASTRA INTERNATIONAL ISUZU

A. Mengelola Bukti Transaksi

Langkah pertama yang dilakukan untuk menjalankan prosedur petty cash adalah mengelola bukti transaksi kan. Pemegang kas kecil mengumpulkan bukti-bukti pengeluaran yang telah dilakukan. …(dst)

B. Membuat Jurnal Petty Cash

Dari bukti-bukti transaksi yang telah dikumpulkan, kemudian staf administrasi menginput ke dalam program untuk membuat jurnal agar dapat diketahui pengeluaran-pengeluaran yang terjadi setiap harinya selama 1 bulan.

C. Approved by Workshop

Semua bukti-bukti transaksi berupa kuitansi atau bon yang sudah terkumpul dan telah selesai dibuat dalam bentuk laporan transaksi pencatatan atau jurnal pengeluaran harus ditandatangani oleh manajer workshop sebelum diserahkan ke bagian accounting. …(dst)

BAB V PELAKSANAAN PKL

A. Kegiatan Siswa Selama Prakerin

– Distribusi laporan kas dan bank
– Register kuitansi
– Filling kuitansi
– Filling faktur pajak
– Menulis surat permohonan faktur polis atau form STNK
– Register i-paspor
– Fotokopi surat penawaran harga

B. Hambatan-Hambatan yang Dihadapi
Dalam dunia industri penulis pernah menghadapi beberapa hambatan kerja, berupa:
1. Proses adaptasi di lingkungan perusahaan
2. Kurang menguasai peralatan kantor
3. Kurang sesuainya antara teori dan praktek yang diterima di sekolah dengan pelaksanaan saat PKL
4. Banyak hal baru yang dihadapi saat di lapangan dan mungkin belum pernah diberikan di sekolah

C. Pemecahan masalah
Dalam menghadapi masalah tersebut penulis melakukan beberapa metode, diantaranya:
1. Selalu bertanya pada pembimbing lapangan
2. Berusaha dan belajar agar kesulitan-kesulitan tersebut sedikit demi sedikit bisa diatasi
3. Mencoba untuk lebih sering berkomunikasi dengan orang-orang yang ada di kantor

BAB VI PENUTUP

A. Kesimpulan
Meningkatnya pengetahuan dan memperluas serta memantapkan keterampilan yang membentuk kemampuan dan wawasan siswa atau siswi sebagai bekal untuk menghadapi lapangan pekerjaan yang sesungguhnya… (dst)

B. Saran

a. Bagi Perusahaan

Sebaiknya saat ada yang melaksanakan PKL di tempat anda anda memberikan daftar tugas sehingga siswa-siswi tersebut bisa mengetahui apa yang harus dilakukan… (dst)

b. Bagi Sekolah

Agar meningkatkan hubungan kerjasama antara sekolah dengan PT Astra Internasional Isuzu… (dst)

2. Contoh Kata Pengantar Laporan PKL

KATA PENGANTAR

Segala puja dan puji syukur kehadirat Allah Swt., yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua, sehingga penyusun dapat membuat laporan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) ini.

Walaupun demikian, penyusun berusaha dengan semaksimal mungkin demi kesempurnaan penyusunan laporan ini baik dari hasil kegiatan belajar mengajar di sekolah, maupun dalam menunaikan praktik kerja di dunia industri. Saran dan kritik yang sifatnya membangun begitu diharapkan oleh penyusun demi kesempurnaan dalam penulisan laporan berikutnya.

Dalam kesempatan ini, penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan Laporan Praktik Kerja Industri ini, di antaranya:

  1. Bapak Yasin, M.Pd., selaku Kepala SMA NU Pekalongan
  2. Ibu Ida, SE., selaku Kepala Program Administrasi Perkantoran
  3. Bapak H. Asduli, S.A., M.M., selaku Pimpinan Umum Dinas Pendidikan Kabupaten Pekalongan
  4. Bapak Zuhdi Arimbi, S.Sos., selaku Pembimbing dari pihak instansi
  5. Bapak Abadi Hariesok, S.Pd., selaku Pembinbing dari pihak sekolah
  6. Rekan se-angkatan

Akhir kata, penyusun berharap laporan ini dapat bermanfaat bagi pembaca serta dapat membantu bagi kemajuan serta perkembangan SMK NU Pekalongan. Saya ucapkan terima kasih banyak kepada semua pihak yang telah membantu, semoga Allah Swt. membalas semua kebaikan kalian. Amin.

3. Contoh Laporan PKL TKJ

Puji syukur kehadirat Allah Swt. yang telah melimpahkan contoh kata pengantar laporan pkl smk segala nikmat, rahmat serta hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan dan melaksanakan Prakerin di Copy Paste Komputer. Karena tanpa nikmat-Nya, kami pasti belum tentu bisa menyelesaikan dan melaksanakan ini dari awal hingga akhir

Dengan ini juga, kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan membantu pelaksanaan Prakerin ini. Karena jika tidak ada dukungan serta bantuan dari mereka mungkin kami tidak akan bisa menyelesaikan kegiatan Prakerin ini.

Kami sadar, masih banyak kekurangan dari pelaksanaan dan penyusunan Laporan Prakerin ini. Namun, kami sudah melakukannya semaksimal yang kami bisa. Oleh karena itu, mohon untuk kritik dan saran yang membangun agar lebih baik ke depannya.

Semoga kegiatan Prakerin ini dapat meningkatkan kualitas dan kemampuan kamu dalam dunia industri atau usaha.

BAB I PENDAHULUAN

Latar Belakang

Sekolah Menengah Kejurusan (SMK) akan membantu dan memberikan pembekalan yang matang kepada para siswa untuk menunjang kesuksesan di dunia usaha atau industri.

Dengan adanya Prakerin ini, siswa akan mendapatkan sebuah pengalaman tentang dunia industri secara langsung. Siswa juga diharapkan untuk menulis hasil Prakerin tersebut dalam bentuk laporan.

 Maksud dan Tujuan

Ada maksud dan tujuan diadakan kegiatan Prakerin ini. Berikut ini yang bisa dijelaskan:

  1. Menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Dari segi tingkat pengetahuan, keterampilan serta etos kerjanya yang telah sesuai dengan tuntutan lapangan pekerjaan
  2. Mempererat dan memperkokoh hubungan antara pihak sekolah dengan dunia kerja
  3. Memberikan pengakuan serta penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai prosesnya pendidikan
  4. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses pendidikan dan pelatihan kerja secara berkualitas

Tempat dan Waktu Pelaksanaan

Tempat Pelaksanaan Prakerin             : Copy Paste Computer

Waktu Pelaksanaan Prakerin              : 01 Juni 2020 s/d 31 Agustus 2020

BAB II PROFIL PERUSAHAAN

Sejarah Berdiri Perusahaan

Copy Paste Computer ini berdiri pada tahun 1990. Beralamatkan di Jl. Raya Sawangan No 15, Pancoran Mas, Depok, Copy Paste Computer ini merupakan tempat service Notebook, laptop serta PC di Depok.

Struktur Organisasi Perusahaan

Copy Paste Computer ini adalah perusahaan individu yang dilakukan perorangan. Jadi berbeda dengan perusahaan lain, yang mempunyai struktur organisasi. Oleh karena itu, Copy Paste Computer tidak memiliki struktur organisasi.

Bidang Usaha

Copy Paste Computer ini adalah perusahaan perorangan yang bergerak pada bidang Service Notebook, laptop, PC dan sebagainya. Toko ini juga menjual acc serta menerima jual/beli laptop atau notebook dalam keadaan masih baik atau tidak.

BAB III PEMBAHASAN

Dalam kegiatan prakerin yang telah kami lakukan selama 2 bulan dari tanggal 01 Juni 2020 s/d 31 Agustus 2020 di Copy Paste Computer, di Jl. Raya Sawangan No 15, Pancoran Mas, Depok, ada banyak hal yang telah dilakukan.

Semoga adanya kegiatan prakerin ini dapat menambahkan pengalaman, pengetahuan dan keterampilan kami dalam jurusan TKJ yang kami pilih. Banyak hal yang kamu maksudkan adalah seperti berikut ini:

  1. Cara cek kondisi hard disk
  2. Mempelajari ilmu tentang laptop, PC, dan notebook
  3. Cara setting BIOS untuk instalasi
  4. Partisi hard disk
  5. Cara install Windows 7
  6. Belajar marketing dalam jual-beli

1. Belajar Marketing Dalam Jual Beli

Tidak sekedar belajar mempelajari tentang software dan hardware saja. Dalam melaksanakan prakerin ini, kami mempelajari marketing. Jadi, kami juga diajaran cara melayani customer yang datang ke Copy Paste Computer.

Dari mereka yang membeli accessories, menjual atau belikan laptop atau PC dan yang berhubungan dengan ilmu marketing.

Memang hanya ilmu dasar saja. Awalnya memang bingung saat tiba-tiba kedatangan konsumen tanpa pendamping (pembimbing). Namun, lama kelamaan mulai terbiasa dengan hal tersebut. Kami jadi mengerti dunia marketing sedikit-sedikit.

Dengan hal ini, kami jadi mengetahui dan mengenal tentang marketing. Ilmu ini sangat bermanfaat untuk kamu suatu saat nanti.

2. Mempelajari Ilmu tentang Laptop, PC, dan Notebook

Kami juga banyak diajari tentang laptop, PC dan notebook. Diajarkan kualitasnya, kelebihan dan kekurangannya. Hal itu sangat berguna untuk kami yang masih belum terlalu paham tentang hal tersebut.

Ilmu yang diajari sangat mudah dimengerti dan dipahami, jadi kami juga terkadang selalu melihat proses service laptop, notebook atau PC. Kegiatan ini jadi membuat kami banyak menambah ilmu dan mengetahui banyak hal.

Baca Juga : https://www.mubainfo.com/smk-online-polri/

smk online polri
SMK

SMK Online Polri : Pengertian, Tujuan & Manfaatnya, Lengkap!

SMK online merupakan aplikasi yang dirancang untuk mendukung kinerja POLRI secara keseluruhan, dengan menyediakan sistem informasi penilaian kinerja anggota POLRI. SMK-Online dihadirkan untuk mengukur kinerja anggota POLRI berbasis kompetensi sehingga penilaian dapat dilakukan secara objektif, akuntabel dan transparan.

Aplikasi ini telah diunduh oleh 100.000 orang melalui Play Store. Review SMK-Online. Aplikasi smk online polri mendapatkan rating bintang 4,5 dari penggunanya. Artinya aplikasi yang dirancang khusus untuk anggota POLRI ini dilengkapi dengan fitur-fitur yang lengkap sehingga dapat memuaskan penggunanya.

Login dan Beranda 

Setelah itu member yang bersangkutan akan diarahkan ke halaman depan aplikasi. Status anggota yang login disebut AYD.

Memilih dan Mengubah PP

PP adalah istilah atau sebutan yang digunakan untuk menyebut atasan yang akan menilai pejabat yang bersangkutan dalam 1 semester. AYD harus memilih PP terlebih dahulu untuk masuk ke halaman AYD. Setelah masuk ke halaman AYD, petugas bisa melakukan perubahan kepada supervisor yang akan menjadi juri.

Fungsi dan Manfaat SMK Online

Aplikasi ini dapat memberikan kemudahan bagi anggota POLRI sekaligus memberikan layanan penilaian yang transparan karena pihak yang dinilai juga dapat melihat nilai yang diberikan oleh atasan yang menilai mereka.

Unduh SMK-Online

Aplikasi ini juga dapat diunduh melalui tautan berikut. Polri membuka penerimaan masuk Sekolah Inspektur Pengawas Kepolisian (SIPSS) tahun ini. Berikut syarat, tata cara pendaftaran, jadwal seleksi dan sejumlah ketentuan lainnya:

NCO

Ketentuan Penerimaan Terpadu Polri Tahun Anggaran 2021:

  • Calon harus memberikan informasi yang benar  atau tidak memberikan smk polri online keterangan yang salah dalam rangka penerimaan Polri.
  • Pengakuan NCO menerapkan prinsip Clean, Transparent, Accountable and Humanist (BETAH) dan tidak dipungut biaya.
  • Sebelum diangkat menjadi anggota Polri, mahasiswa polisi bintara yang telah lulus pendidikan formasi dan ijazah Sarjana Strata I (S-I) atau  Diploma IV (D-IV) yang diberikan masa dinas surut 2 tahun.

Apa saja Persyaratan Umumnya?

  • Warga negara Indonesia.
  • Tidak sedang dalam kasus pidana atau pernah smk online polri login dihukum karena melakukan tindak pidana yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Polisi (SKCK) dari Polda.
  • Bersikaplah bermartabat, jujur, adil dan berperilaku tanpa cela.

Persyaratan khusus Pria dan wanita, pernah menjadi anggota Polri, Bersertifikat:

A.) Profesi S-1 / S-1:

  • Kedokteran Umum (Profesi)
  • Kedokteran Gigi (Profesi)
  • Psikologi
  • Biologi (murni)
  • Teknik Informatika (Pemrograman)
  • Teknik Informatika (Jaringan)
  • Sistem Informasi (Database)
  • Desain Komunikasi Visual / Desain Grafis
  • Teknik Dirgantara
  • Teknik Elektro (Arus Lemah)
  • Teknik Metalurgi
  • Hubungan Internasional
  • Sastra Cina
  • Sastra Perancis atau Spanyol
  • Pendidikan Olahraga
  • Pendidikan Kurikulum
  • Apoteker Apotek (Profesi)
  • Ilmu Komunikasi (Humas)
  • Ilmu Komunikasi (Jurnalisme)
  • Perpajakan (Biasanya memberantas daftar situs judi bola resmi ilegal)
  • Semua Program Studi + Sertifikat CPL Sekolah IR Flying.

B.) D-IV

Harus memiliki sertifikat Tenaga Ahli Teknika Tk.

C.) Khusus untuk Program Studi Kedokteran

Dokter Umum dan Dokter Gigi wajib memiliki Sertifikat Kelengkapan Internal (STSI) definitif dan Surat Tanda Registrasi (STR). Lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri harus melampirkan SK penyetaraan yang dikeluarkan oleh Dirjen Dikti.

Usia saat pembukaan SIPSS T.A. 2021:

  • Maksimal 38 (tiga puluh delapan) tahun untuk profesi kedokteran gigi forensik S-2
  • paling lama 26 (dua puluh enam) tahun untuk S-1 / D-IV.
  • Laki-laki: 158 (seratus lima puluh delapan) cm
  • Wanita: 155 (seratus lima puluh lima) cm.

Persyaratan khusus:

Memiliki ijazah minimal SMA, MA jurusan Sains dan Ilmu Sosial Bukan lulusan smk-online polri login dan atau dengan ijazah Paket A, B dan C) dengan ketentuan Rata-rata nilai kelulusan 2016 Skor kelulusan khusus Papua 2016 sampai 2018. Dengan rata-rata nilai Ujian Nasional (UN) minimal 60,00 Tahun 2019. Dengan rata-rata nilai Ujian Nasional (UN) minimal 55,00 Tahun 2020. Menggunakan nilai rapor rata-rata dengan akumulasi nilai minimal 65,00 Tahun 2021 akan ditentukan nanti.

Untuk lulusan tahun 2021 yang masih duduk di kelas XII rata-rata nilai semester I minimal 70,00 Bagi yang berusia 16 sampai kurang dari 17 tahun, dengan ketentuan nilai rata-rata rapor dengan akumulasi minimal 75,00 dan memiliki kemampuan berbahasa inggris yang dibuktikan dengan nilai rata-rata mata pelajaran bahasa inggris minimal 75,00.

Dan melampirkan nilai sertifikat TOEFL minimal 500 Berusia minimal 16 tahun dan maksimal 21 tahun pada saat membuka pendidikan dan  memiliki Tinggi badan minimal (dengan berat badan seimbang sesuai ketentuan yang berlaku) Laki-laki 165 cm.

Berapa tinggi dan persyaratannya untuk perempuan?

Untuk perempuan memiliki tinggi minimal 163 Cm. Tidak pernah menikah secara sah secara hukum,  agama, adat, tidak pernah hamil, melahirkan, tidak pernah memiliki anak kandung dan tidak dapat menikah selama dalam pendidikan formasi.

Tidak ada tato dan tindik telinga atau bagian tubuh lainnya, kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama dan  adat. Calon peserta Taruna yang dinyatakan tidak lulus atau TMS dalam proses seleksi karena telah melakukan tindak pidana yang telah berkekuatan hukum tetap tidak dapat mendaftar ulang.

Mantan taruna atau santri yang telah diberhentikan secara tidak hormat dari pemahaman yang bertentangan dengan Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika. Tidak melakukan perbuatan yang melanggar norma agama, norma moral, norma sosial, dan norma hukum.

Mengisi formulir pendaftaran terkait identitas pendaftar, memasukkan NIK yang telah didaftarkan di Disdukcapil, identitas orang tua dan informasi lainnya sesuai format yang ada di website. Pendaftar harus memberikan data yang benar dan akurat pada formulir pendaftaran online, memeriksa dengan cermat data yang dimasukkan di formulir pendaftaran.

Batas akhir verifikasi paling lambat 4 hari terhitung sejak pendaftaran online. Jika sudah lebih dari 4 hari maka data pendaftar online akan otomatis terhapus. Jika pendaftar akan memverifikasi, pendaftar harus mengulangi pendaftaran online lagi. Ikuti dan lulus ujian dan pengujian dengan materi sebagai berikut Level Panda dengan sistem gugur meliputi:

  • pemeriksaan administrasi dengan penilaian kualitatif.
  • Uji kompetensi aspek pengetahuan dengan penilaian kuantitatif.
  • Tes psikologi tertulis dengan penilaian kualitatif dan kuantitatif.
  • Pencarian mental kepribadian (PMK) dengan penilaian kualitatif.
  • Ujian administrasi akhir dan penetapan kelulusan akhir dengan penilaian kualitatif.
  • Tingkat pusat dengan sistem knockout atau sistem peringkat meliputi:
  • Ujian administrasi dengan penilaian kualitatif.
  • Uji kompetensi manajerial dengan penilaian kuantitatif.
  • Uji kompetensi keterampilan dan berhubungan dengan kriteria kualitatif.
  • Penentuan kelulusan akhir dengan kriteria kualitatif.
  • Ketentuan penggunaan pakaian bagi pendaftar
  • Bagi peserta pria menggunakan batik lengan panjang
  • Menggunakan celana panjang hitam atau gelap

Tata Cara Pendaftaran SMK Online

Jika pendaftar akan melakukan pengungkit maka pendaftar smk online polri 2022 harus mendaftar secara online kembali.

Tata cara pengungkit di Polda setempat

  • Asli Kartu Keluarga (KK) dan fotokopi yang dilegalisir oleh Disdukcapil setempat, untuk KK yang sudah ada barcodenya tidak perlu dilegalisir
  • Salinan sertifikat akreditasi dari BAN-PT yang dilegalisir
  • Pas foto berwarna ukuran 4 × 6 dengan latar belakang warna merah sebanyak 10 lembar
  • Surat persetujuan atau  wali (formulir dapat diunduh di website
  • Daftar riwayat hidup (hasil cetak formulir pendaftaran pada saat pendaftaran online) dan fotokopi.
  • Surat tidak terikat perjanjian dengan instansi lain
  • Surat orangtua wali untuk memberikan keterangan dan dokumen yang sebenarnya
  • Jadwal seleksi tingkat panitia daerah (Panda)
  • Kampanye dan Pendaftaran Online (7-24 Januari 2021)
  • Verifikasi Calon dan Dokumen (7-24 Januari 2021)

Demikian informasi dari saya tentang SMK Online semoga bermanfaat ya, terimakasih.

Baca Juga : https://www.mubainfo.com/smk-telkom-malang/